Cara Website Pemula

Custom Search

Hakekat Balajar dan Pembelajaran

Oleh Agus Asrul Sani

Kita melihat terlebih dahulu kepada arti kata Hakekat itu sendiri yang secara etimologis yaitu terang, jelas, yakin inti dari sesuatu yang meskipun sifat-sifat yang melakat padanya dapat berubah-ubah namun intinya tersebut tetap lestari maka kita harus melihat kepada ilmu pendidikan itu sendiri yang akan dapat menjawab judul yang terdapat di cover makalah, yang pertama kita lihat adalah pada hakekat tujuan sebuah pendidikan agar tercapainya suatu hakekat pendidikan itu sendiri, dalam setiap usaha atau kegiatan tentu ada tujuan atau target sasaran yang akan di capai demikian juga dengan kegiatan/usaha pendidikan sengaja dilakuakan untuk mencapai tujuan yang ditetapkan.
Oleh karena itu yang menjadi objek sebuah pendidikan adalah peserta didik atau murid dan tugas pendidikan adalah mempengaruhi pembentukan pribadi peserta didik itulah tujuan targer dari hakekat sebuah pembelajaran dan belajar, dengan demikian sebuah pendidikan dalam setiap rumusan dan kegiatan akan membentuk manusioa yang akan dicapai oleh kegiatan/usaha pendidikan yang diperani oleh seorang pendidik.
Adapun hasil atau out put yang didapat pada sebuah pendidikan adalah manusia yang mampu memberikan kontribusi yang bermanfaat kepada manusia yang memiliki kehidupan yang nyata, ada beberapa bagan yang sangat penting kita pahami barsama, seperti terlihat bagan dibawah ini :

Diagram tersebut diatas dapat kita kemukakan bahwa proses tranformasi dalam rangka menwujudkan tujuan hakekat sebuah belajar dan pembelajaran akan terlealisir melalui peran dan kerjasama dengan ketiga unsur yang sangat mendasar dalam sebuah pendidikan, dengan bebarapa keterangan sebagaimana barikut :
a. Raw Input adalah masukan mentah dalam hal ini unsure peserta didik atau anak murid dengan berbagai segala kondisinya seperti kognitif, afektif dan psikomotorik yang dapat mempengaruhi proses dan hasil dari pendidikan tersebut.
b. Instrumental Input adalah masukan seperti bebrapa unsure seperti pendidik (guru), bahan/materi, alat/metode, situasi peserta didik yang mampu mempengaruhi kualitas proses dan hasil pendidikan.
c. Inveronmental Input adalah masukan dari factor lingkungan anak didik seperti unsure pengaruh kondisi keluarga, masyarakat dan budaya yang dapat mempengaruhi kondisi psikologi anak dan imbasnya mempengaruhi proses kepada hasil dari pendidikan.

Dengan demikian dengan komponen-komponan yang telah kita jelaskan secara gelobal maka akan menemukan suatu titik yang mengarah kepada peran orang tua, sekolah dan masyarakat yang telah disebut oleh Ki Hajar Dewantara yaitu “Tri Pusat Pendidikan” dari ketiga pusat pendidikan yang dasar tersebut dapat kita lihat batapa pentingnya pengaruh tersebut, sebagai fungsi masing-masing serta peranannya pun perlu kita memahami seperti :
a. Fungsi keluarga
Menurut St.Vembriarto memiliki 7 fungsi yang ada hubungannya dengan kegidupan dengan anak yaitu :
1) Fungsi biologis
2) Fungsi afeksi (hubungan social yang penuh kasih saying)
3) Fungsi sosialisasi dalam pembentukan karakteristik sianak didik.
4) Fungsi pendidik sebagai institusi pendidikan awal
5) Fungsi rekreasi sebagi tempat untuk memperoleh afeksi
6) Fungsi keagamaan sebagai institusi penanaman agama
7) Fungsi perlindungan terhadap anak didik
b. Fungsi sekolah
Fungsi sekolah pada umumnya adalah :
a) Mempertajam dan mencerdaskan intelek anak didik
b) Penyempurnaan dalam batasan tertentu pendidikan agama dan keluarga dan masyarakat
c) Sekolah juga sebagai pewaris dan pembudayaan sebagai agen pembaharuannya
d) Sebagai penghalus tingkah laku anak didik yang dibawa keluarganya
e) Sebagai tugas melayani bangsa dan pemerintah dalam mencerdaskan generasi yang akan dating
c. Fungsi masyarakat
Ada dua hal yang penting dalam pendidikan dalam bermasyarakat yaitu :
1) Memehami terlebih dahulu dari lingkungan keluarga dan masyarakat dan sekolah bukan dari segi tempatnya akan tetapi dari segi peranan orang-orang yang ada dilingkungan tersebut.
2) Melihat dari segi berbagai elemen yang ada dalam pendidikan orang tua dan orang-orang dewasa lain ikut berperan membimbing dalam pertumbuhan anak didik dengan kata lin perduli atau tidak.
Jadi pada dasarnya hakekat dalam belajar dan pembelajaran sudah tersusun rapi oleh undang-undang RI Nomor 2 Tahun 1989 Tentang Sistem Pendidikan Nasional antara lain mengemukakan tentang pengertian dan tujuan pendidikan nasional dalam Pasal 1 ayat 1,2dan 3 yang pada intinya adalah tercapainya hakekat tujuan pendidikan yang ada di Negara Indonesia ini.

Tegasnya, kita perlu membangun masyarakat pembelajar, yang terutama belajar membagi tugas dan tanggung jawab untuk mendampingi kaum muda mengejar jati dirinya, jati diri komunitasnya, jati diri bangsanya, jati diri kemanusiaannya sebagai ciptaan Allah S.W.T. kita perlu membangun masyarakat pembelajar yang tidak lagi dan tidak akan pernah lagi membuang tunas-tunas bangsa ke lembaga-lembaga pengajaran pada versi Orde Baru, tetapi yang di dalam dan di luar institusi formal, sama-sama belajar di sekolah besar kehidupan.
Disanalah “Ketuhanan Yang Maha Esa” dihayati dan langsung diamalkan secara diam-diam, disanalah “Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab” diimplementasikan dan dipraktikan tanpa slogan-slogan, disanalah benang-benang “Persatuan Indonesia” kita jahit kembali dengan hati-hati dan dari hati ke hati, disanalah “Kerakyatan Yang dipimpin oleh Hikmat dan Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perwakiln” kita jalankan setulus hati dengan belajar untuk saling mengerti, saling menyepakati, mengakui kesalahan, dan mengampuni tanpa dendam, disanalah “Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia” kita demonstrasikan dengan sikap perduli, rendah hati, dan cinta dalm hidup sehari-hari.
Dan kemudian dengan mengamalkan Al-Qur’an dan Asunah yang menjadi pedoman dasar umat Islam maka hakekat belajar dan pembelajaran yang sangat penting adalah dalam mengenal ajaran-ajaran, perintah-perintah, serta larang-larang yang sudah ditentukan dengan jelas didalamnya yaitu ketinggian Daradjat manusia dengan kecapaian kepada Mardhotillah.

0 komentar:

Cari Info lainnya di sini :

Gabung Yuk ...

Related Post :

Technology in Education from MagPortal.com